4ICU.org, Pengenalan, Metodologi

With over 40,000 daily visitors 4icu.org is the leading international higher education directory and search engine featuring reviews and web rankings of 11,606 Universities and Colleges in 200 countries. (www.icu.org)

4icu.org merupakan sebuah mesin pencarian dan pemeringkatan Perguruan Tinggi dunia yang mencakup 11,606 Perguruan Tinggi yang tersebar di 200 negara. Mendengar kata pemeringkatan kita pasti berpikir jika pemeringkatan tersebut berdasarkan perbandingan kualitas Perguruan Tinggi. Ternyata 4icu.org ini mempunyai metodologi sendiri dalam menilai peringkat sebuah Perguruan Tinggi.

4icu(Tampilan situs web 4icu.org)

Seperti yang dijelaskan pada laman web http://www.4icu.org/about/ pemeringkatan pertama kali dilakukan pada Mei 2005, dan semenjak itu pemeringkatan dilakukan secara periodik untuk hasil yang lebih baik dan akurat.

Universitas dan College diranking secara eksklusif oleh 4icu.org University Web Ranking. Peringkat ini telah dipublikasikan sejak Mei 2005. Sejak itu metodologi penilaian telah diatur secara periodik untuk memberikan hasi yang lebih baik.

Pemeringkatan sekarang didasarkan pada algoritma dengan memasukkan 4 web metric independen dan objektif dari 3 search engine yang berbeda :

  • Google Page Rank
  • Alexa Global Rank
  • Majestic Referring Subnets
  • Majestic Trust Flow

Langkah penilaian :

  1. Pengumpulan data metric dilakukan dalam hari yang sama untuk menghindari perubahan data yang tidak tentu serta memaksimalkan perbandingan data.
  2. Penggunaan filter untuk mengidentifikasi keberadaan data yang nilainya sangat jauh dari data lain yang ada (data outliers).
  3. Review data dari Alexa Traffic Rank, untuk menyeleksi perguruan tinggi yang masih menggunakan subdomain sebagai halaman utama yang resmi.
  4. Data webmetric kemudian dinormalisasikan pada skala 0-100 dengan mempertimbangkan perhitungan logaritma alami dari Google Page Rank dan Alexa Traffic Rank, serta hasil normalisasi dari data Majestic SEO.
  5. Nilai normalisasi dari ketiga data tersebut digabungkan dan kemudian dirata-rata untuk menghasilkan nilai akhir dan peringkat perguruan tinggi.

Tujuan dari situs ini adalah untuk memberikan sebuah perkiraan peringkat popularitas Universitas dan College berdasarkan popularitas situs dari masing-masing Universitas. Hal ini dimaksudkan untuk membantu mahasiswa internasional dan staf akademik untuk memahami bagaimana popularitas sebuah Universitas/College di luar negeri. Oleh karena itu, 4ICU tidak dapat sepenuhnya digunakan sebagai kriteria utama untuk memilih Perguruan Tinggi karena bukan cerminan dari kualitas pendidikan dari Perguruan Tinggi tersebut.

Sumber : http://www.4icu.org/about/ (Diakses pada 21 Juni 2016)

Tinggalkan komentar